Konten ini merupakan kerja sama dengan Kompasiana, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.com
Perjalanan pengrajin wayang golek Sunda, Enday Meia seperti menyusuri jalan terjal nan sunyi. Tak banyak orang meliriknya.
Tak banyak pelaku kreatif dan usaha yang berminat menggelutinya. Ia pun menjai pengrajin wayang golek Sunda satu-satunya yang bertahan dan tersisa di Bogor saat ini.
Enday berhasil membuktikan, usaha keluarganya itu berprogres positif. Wayang goleknya menemukan jalan kesuksesan, menembus pasar dunia.
Tak mudah mengangkat produk kerajinan budaya tradisional di era modern yang dibanjiri ragam budaya global. Jalan teramat terjal harus dilalui.
Minimnya popularitas, plus kompetitifnya pasar dengan beragam kerajinan lain, adalah tantangan.
Kesulitan seperti popularitas Wayang Golek yang minim, bahkan di negeri sendiri. Nasib yang sepertinya jamak menimpa ragam kerajinan tradisional di era modern ini.
Ketekunan, kegigihan, serta komitmenlah yang mengantarkan Wayang Golek buah karya Enday Media ini menembus pasar dunia.
Markas yang telah merawat tradisi budaya Sunda Wayang Golek, bertahun-tahun. Rumah difungsikan sebagai kediaman, galeri, sekaligus rumah produksi Wayang Golek.
Ruang tamu digunakan sebagai galeri yang terpajang bereret aneka Wayang Golek. Teras depan dan ruang garasi digunakan sebagai bengkel produksi.
Mengawali cerita di markas yang berlokasi di Desa Sirnagalih, Gunung Batu Loji, Bogor Barat itu, perlu kiranya mengenal asal muasal Enday menjadi pengrajin Wayang Golek.
"Passion" dan Cinta
Tumbuh di lingkungan keluarga pengrajin, sangat mempengaruhi lubuk rasa seni Enday. Pengaruh ayahnya, Entang Sutisna yang berprofesi sebagai pengrajin Wayang Golek sejak tahun 1965, sangat signifikan.
Wayang golek yang bergeletakan di rumahnya, adalah pemandangan keseharian Enday kecil. Berawal dari melihat kesibukan ayahnya, mengukir kayu pule, membentuk, mewarnai hingga memberi kostum, menyuburkan benih-benih rasa cinta Enday pada Wayang golek.
Ibarat asmara antar lawan jenis, Enday remaja, mulai jatuh cinta. Rasa cinta yang menggerakkan hatinya untuk belajar membuat Wayang Golek.
Sejak usia SMP, Enday yang lahir tahun 1974 itu, mulai mengulik kayu pule sebagai bahan pembuat Wayang Golek. Ketekunan dan kemauan kerasnya, membawa Enday semakin menikmai bergelut dalam pembuatan Wayang Golek.
Akhirnya saat SMA, ia sudah mampu membuat karakter Wayang Golek.
Kian hari beragam karakter Wayang Golek dari kisah epos Ramayana dan Mahabarata dikuasainya. Kemampuan yang berkembang terus menerus, dan tetap terpelihara dalam diri. Meski di saat kuliah sekalipun.
Tahun 1987 Enday mulai fokus memproduksi Wayang Golek. Tahun 2002, rumah tinggalnya dijadikan galeri bernama Media Art and Handicraft Bogor setelah usahanya mulai direspon pasar. Selanjutnya soal perkembangan usaha, nanti akan saya ceritakan pada sub tema di bawah.
Nampaknya keuletan Enday menurun dari ayahnya. Entang Sutisna, awal belajar membuat Wayang Golek secara otodidak. Belajar sendiri. Caranya?
Entang sering melihat pagelaran Wayang Golek. Bermodal kertas dan pensil, ia menggambar setiap karakter Wayang Golek yang diliatnya. Lalu ia coba-coba mengaplikasikan.
Awalnya Entang membuat menggunakan bahan singkong bukan kayu. Tekstur singkong yang empuk memudahkan untuk diukir sesuai keinginan.
Setelah mahir, baru berani diterapkan pada media kayu. Kayu pule atau lame dipilih karena tidak terlalu keras, tidak mudah pecah, dan tahan lama.
Bayangkan, seberapa keras niat dan tekad Entang, menguasai pembuatan Wayang Golek.
Saat ini, Entang masih membuat Wayang Golek di rumah yang terpisah kawasan Ciapus, Bogor.
Meniti Jalan Terjal
Setelah memutuskan fokus membuat Wayang Golek, Enday berupaya melanjutkan bisnis yang dirintis ayahnya itu. Bagaimana pun usaha itu sudah menjadi mata pencaharian keluarga.
Enday mulai memikirkan faktor penting untuk mengembangkan usaha, yakni pemasaran. Mempopulerkan Wayang Golek kepada calon konsumen.
Bingung juga, mengingat banyak yang kurang tertarik dengan kerajinan Wayang goleknya.
Seperti lazim dialami kerajnan budaya lain. Intinya kerajinan warisan budaya seperti wayang golek, kujang, rencong, keris dan lainnya memiliki pasar yang terbatas.
Hingga suatu ketika, Enday membawa wayang goleknya ke Kebun Raya Bogor. Lokasi ini gak terlalu jauh dari rumahnya di Sirnagalih. Enday berpikir, kawasan wisata banyak wisatawan, siapa tahu tertarik.
Ketika di Kebun Raya Bogor, Enday tahu banyak wisatawan, domestik maupun mancanegara. Setelah beberapa lama "menjajakan" dan mempromosikan wayang golek di area wisata, lambat laun Wayang goleknya menarik perhatian.
Area Taman Topi (sekarang Alun-alun Bogor) Enday mendaftarkan Wayang golek Bogor Tourist Information Center. Banyak turis asing yang mengetahui tentang Wayang Goleknya dan berminat. Dari titik inilah, jalan mulai terang. Beberapa wisatawan tertarik membeli. Pesanan pun mulai mengalir.
Bahkan banyak wisatawan mancanegara yang ingin melihat proses pembuatannya. Momen inilah yang mendorong Enday membuka workshop, galeri dan rumah produksi terbuka untuk wisatawan.
Enday ingin para pengunjung bisa menikmati ragam Wayang Golek secara utuh, mulai dari proses pembuatan sampai obyek jadi.
Bahkan ke depan, ia ingin membuka semacam tempat pagelaran kecil di teras rumahnya. Agar wisatawan memperoleh gambaran utuh tentang wayang golek.
Sekarang, hampir setiap hari ada saja wisatawan yang berkunjung ke galerinya. Wisatawan asing banyak dari negara-negara Asia, Belanda, Amerika, sampai Timur Tengah.
Saat saya berkunjung ke rumahnya, barengan ada tamu turis asing dari Dubai.
Kebanyakan kolektor mengoleksi berbagai macam karakter wayang golek khususnya Rama dan Sinta dari epos Ramayana.
Sementara menurut Enday, respon pasar lokal masih belum besar. Beberapa pesanan omestik atang dari instansi pemerintahan dan swasta. Awal tahun lalu, pesanan dari Kedutaan Besar Indonesia di Azerbaijan.
Kini pesanan suah mulai lancer. Sementara untuk memenuhi pesanan, Enday memberdayakan keluarganya, mulai dari anak, ibu, ayah sampai kerabat.
Memetik Inspirasi
Jerih payah Enday meneruskan tradisi usaha ayahnya, memberi banyak hikmah dan inspirasi.
Bagi Enday menggeluti pembuatan wayang golek, bukan hanya soal nafkah keluarga, namun juga tentang kegiatan melestarikan warisan budaya Sunda, yakni Wayang Golek.
"Saya tak mau nantinya, karena kita abai, wayang golek diklaim negara lain," katanya.
Tentu kita sepakat dengan pandangan Enday. Bahwa merawat eksistensi budaya itu penting. Bukankah budaya leluhur merupakan kearifan lokal itu DNA bangsa kita?
Kita patut belajar dari pengalaman EN day mengembangkan wayang goleknya. Menginspirasi tentang keuletan/ kegigihan, kecintaan, ketekunan.
Keuletan/ Kegigihan
Saat banyak orang merespon "hambar" upaya dan Wayang Goleknya, tidak membuatnya patah arang, Keyakinan bahwa jalan terang itu ada membuat niat dan tekad yang membakar kegigihan untuk berusaha terus maju.
Kecintaan
Rasa cinta Enday terhadap wayang golek memberi ikatan kuat dalam menjalani pekerjaannya. Membuat segala kesulitan semakin bisa dinikmati dan mudah.
Menumbuhkan keihklasan, pantang menyerah, sehingga memudahkannya menemukan solusi setiap permasalahan yang menghadang.
Ketekunan
Ketekunan tumbuh sebagai rasa cinta terhadap wayang golek sebagai warisan budaya Sunda sekaligus sebagai pekerjaan.
Menjalani pekerjaan adalah penting untuk pengembangan wayang golek lebih progresif.
Harapannya kerajinan wayang golek ini tetap eksis. Menjadi penopang identitas bangsa sampai kapan pun.
Konten ini merupakan opini/laporan buatan blogger dan telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Memetik Inspirasi dari Perjalanan Wayang Golek Enday yang Menembus Pasar Dunia"
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.